Ternyata "Harga Asli" iPhone X Hanya Rp 4,8 Juta Rupiah Saja


Tahun ini Apple berhasil mendapat banyak perhatian dari penggemar gadget dari seluruh dunia ketika meluncurkan Iphone X (ten) besutan mereka. Iphone X merupakan edisi spesial ulang tahun Iphone ke 10.

Meski dibanderol mahal, yaitu USD 999 atau sekitar 13 jutaan untuk versi 64GB dan USD 1.149 atau sekitar Rp 15 jutaan untuk versi 256GB. Iphone X tetap saja laris manis dipasaran. Bahkan harga yang beredar di Indonesia cukup mencengangkan, kalian harus merogoh kocek sekitar Rp 20 jutaan untuk mendapatkan Iphone X versi 256GB dan Rp 18 jutaan untuk versi 64GB yang dijual toko online terkemuka di tanah air.

Namun tahukah anda berapa harga biaya produksi dari Iphone X sebenarnya. Dilansir dari 9to5mac, perusahaan analisis TechInsights melaporkan bahwa Apple hanya mengeluarkan biaya sebesar USD 357,50 atau sekitar Rp 4,8 jutaan untuk varian iPhone X 64GB.

Komponen termahal dari Iphone X adalah panel layar OLED 5,8 inci miliknya dengan harga sebesar USD 65,50 atau sekitar Rp 885 ribuan. Harga tersebut hampir dua kali lipat dibanding panel layar LCD iPhone 8 yang hanya sebesar USD 36 atau sekitar Rp 486 ribuan.

Selain itu, Iphone X memiliki frame yang terbuat dari stainless steel dengan harga sebesar USD 36 atau setara Rp 486 ribuan dan pada Iphone 8 hanya sebesar USD 21,5 atau sekitar Rp 290 ribuan.

Meski harga komponen pada Iphone X lebih mahal dibanding Iphone 8, Apple memilki margin keuntungan yang lebih besar yaitu 64%, lebih tinggi dibandingkan iPhone 8 yang mencapai 59%.

Bos Apple Tim Cook, mengatakan “iPhone X memiliki banyak teknologi baru yang hebat, dan ini adalah produk yang luar biasa”. Sehingga hal ini dirasa cukup fair jika melihat harga Iphone X yang lebih mahal dibanding Iphone 8.

Perlu diingat, bahwa perhitungan harga Iphone X diatas hanya berdasarkan biaya produksi dan hal tersebut belum termasuk biaya keseluruhan seperti biaya riset, harga perangkat lunak, biaya iklan, dan distribusi penjualannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata "Harga Asli" iPhone X Hanya Rp 4,8 Juta Rupiah Saja"

Post a Comment