Ternyata 5 Negara Ini Sudah Hilang di Peta Dunia, Nomor 4 Hilang Misterius

 
Dinamika perubahan yang terjadi di beberapa negara, membuat negara yang pernah ada di dunia sebelumnya terhapus dari peta.

Sejarah dunia mencatat beberapa negara yang terhapus tersebut diakibatkan oleh gejolak politik maupun diakibatkan peperangan.

Seperti yang dilansir dari akun youtube YtCrash, inilah 5 negara yang hilang bahkan lenyap dari peta dunia.


1. Jerman Timur
Sejak kekalahan Jerman pada perang dunia ke 2, Jerman pun dibagi menjadi 2 bagian, dimana Jerman barat dikuasai Amerika dan sekutu, dan Jerman timur yang dikuasai Uni Soviet. Sebagai pembatas wilayah, kedua negara dipisah dengan tembok yang tinggi yang dikenal dengan tembok Berlin.

Pada 9 November 1989, Mikhail Gorbachev pemimpin dari Uni Soviet membuat perubahan kebijakan untuk dilakukan perdamaian antara Jerman Timur dan Jerman Barat. Sehingga banyak dari penduduk jerman timur berpindah ke jerman barat secara masif mengakibatkan runtuhnya tembok Berlin pada 3 Oktober 1990.

Setelah runtuhnya tembok Berlin, kedua negara tersebut akhirnya bersatu menjadi negara Jerman yang kita kenal sekarang.

2. Uni Soviet

Uni Soviet terbentuk pada 30 Desember 1922 setelah runtuhnya kekaisaran rusia. Pada masa kekuasaannya (1922-1991), Uni Soviet yang berpaham komunis dipandang sebagai salah satu negara adi daya dengan kekuatan militer yang besar.

Uni Soviet juga termasuk salah satu negara pemenang pada perang dunia ke 2 yang memiliki andil besar dalam menghancurkan kekuatan jerman dan terlibat pada perang dingin dengan rival utamanya Amerika Serikat.

Awal dari kehancuran Uni Soviet dimulai dari meningkatnya permasalahan ekonomi dan gejolak politik yang terjadi pada negara tersebut.



Akhirnya pada Desember 1991, Mikhail Gorbachev, pemimpin besar Uni soviet kala itu mengundurkan diri dari kursi Presiden yang diikuti dengan pembubaran negara Uni Soviet dan terpecah menjadi 15 negara.


3. Yugoslavia

Sebagai salah negara besar kala itu, Yugoslavia pernah berdiri pada 1918 hingga 2003. Awalnya negara ini berbentuk kerajaan namun berubah menjadi negara republik akibat kekalahan jerman yang pernah menginvasi mereka pada perang dunia ke 2.

Runtuhnya negara ini diakibatkan oleh konflik internal yang memicu perang saudara berkepanjangan sehingga membuat Yugoslavia terpecah menjadi enam bagian yaitu  Bosnia, Serbia, Kroasia, Slovenia, Macedonia, dan Montenegro. 

4. Sikkim

Negara yang namanya kurang familiar ini, pernah eksis pada abad ke-17 hingga tahun 1975. Bentuk Negaranya adalah kerajaan, yang berdiri pada tahun 1642 dengan Phuntsok Namygal sebagai raja pertamanya.

Wilayahnya hanya seluas 7.110 km, namun dianggap suci dan dikenal dengan sebutan Indrakil atau Taman Dewa Indra, raja para dewa di nirwana pada kepercayaan agama Hindu

Pada 16 Mei 1975 kekuasaan Sikkim diambil alih oleh pemerintahan India akibat banyaknya rakyat yang kelaparan dan seringnya diperangi oleh negara tetangga.


5. Ottoman-Empire

Negara ini pada masa kejayaannya memiliki luas wilayah yang terbentang dari Asia, Afrika dan sebagian Eropa. 

Hancurnya kekuatan Ottoman yang berkuasa hampir 6 abad lamanya ini diakibatkan kekalahan mereka pada perang duni ke 1, yang menyebabkan Inggris pun membagi wilayahnya hingga yang tersisa dari kerajaan Ottoman adalah negara turki yang kita kenal sekarang.

Sumber: brilio.net

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata 5 Negara Ini Sudah Hilang di Peta Dunia, Nomor 4 Hilang Misterius"

Post a Comment