Hati-hati! Jangan Menyimpan 3 Benda Ini Di Freezer, Karena Freezer Bisa Meledak


Sebelumnya terdapat berita tentang kulkas yang meledak. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata kulkas tersebut meledak bukan karena kualitas kulkas yang buruk ataupun terjadinya gangguan listrik.

Meledaknya kulkas tersebut dikarenakan adanya suatu barang yang tidak seharusnya diletakkan di kulkas.

Penasaran bukan, barang apa yang ditaruh di kulkas sampai-sampai bisa meledakkan kulkas?
Berikut barang-barang yang diperkirakan dapat membuat kulkas meledak. Jangan sampai kita menaruhnya di kulkas.

1.    Minuman bersoda (jangan diletakkan di bagian freezer)

Mungkin Anda sering menaruh minuman bersoda semacam sprite, bir, coke, dan lain sebagainya di kulkas. Minuman bersoda memang boleh diletakkan di kulkas asal bukan di pembeku atau freezer.

Hal tersebut dikarenakan minuman bersoda mengandung air dan gas karbon dioksida.  Air apabila didinginkan sampai suhu 4 hingga 0 derajat, maka terjadi anomali air yang menyebabkan air membeku dan mengembang.

Sementara itu, gas karbon dioksida juga akan dilepaskan sehingga tekanan udara dalam kaleng akan membesar.

Jika kaleng atau wadah minuman mampu menahan tekanan dari dalam, maka gas di dalam kaleng akan keluar begitu kaleng dibuka. Tekanan yang besar tersebut bisa melukai orang sekitar.

Sedangkan, jika kaleng atau wadah minuman tidak dapat menahan tekanan dari dalam maka kaleng dapat meledak di dalam kulkas.

2.    Dry ice atau biang es (jangan diletakkan di dalam freezer)

Dry ice terbuat dari gas CO2 yang dipadatkan. Sedangkan area freezer sendiri suhunya bisa berada di bawah -30°C. Padahal dengan suhu tersebut, bisa terjadi sublimasi benda padat ke gas.


Lalu apa jadinya jika dry es tersebut menyublim? Jika dry es sampai menyublim, volumenya bisa menjadi 600-800 kali lebih besar. Dengan volume tersebut, tentu menambah tekanan pada kulkas dan kulkas pun bisa meledak.

3.    Minuman beralkohol dan benda yang mudah terbakar

Terbatasnya volume kulkas membuatnya mudah meledak jika terkena percikan api yang sangat kecil sekalipun. Jadi sebisa mungkin jangan menaruh minuman beralkohol dan benda yang mudah terbakar ke dalam kulkas.

Selain itu, jangan menghilangkan bunga es di freezer dengan pisau tajam. Hal tersebut dikarenakan penempatan pipa gas isobutana dalam freezer. Jika pipa tersebut tak sengaja terkena pisau tajam, maka gas isobutana bisa bercampur dengan oksigen dan akhirnya membuat kulkas meledak.


Demikian tadi sedikit informasi tentang barang-barang yang bisa membuat kulkas meledak. Sebaiknya saat hendak menaruh minuman atau makanan ke dalam kulkas,  lihat dulu saran penyimpanan yang biasanya terdapat di dalam kemasan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hati-hati! Jangan Menyimpan 3 Benda Ini Di Freezer, Karena Freezer Bisa Meledak"

Post a Comment