Fakta Kanker Lidah, Penyakit Mematikan yang Gejala Awalnya Hanya Sariawan dan Gangguan Mulut Biasa


Selama ini penyakit kanker telah menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang. Bagaimana tidak, kanker merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia.

Penyakit kanker yang paling populer yang mungkin sering kita dengar yaitu kanker serviks dan payudara. Namun tahukah anda, selain itu ada jenis kanker yang cukup mematikan yaitu kanker lidah.

Kanker lidah memang tidak terlalu populer atau jarang kita mendengar orang mengidap jenis kanker ini. Namun, beberapa waktu yang lalu penyakit kanker lidah ini telah merenggut nyawa seseorang bernama Andrie K Farid.

Kematian Andrie menjadi viral sebab diceritakan oleh sang istri, Rezy Selvia Dewi. Awalnya, Rezy berpikir penyakit suaminya hanyalah sariawan. Sehingga kondisi tersebut diabaikannya, tetapi lama kelamaan penyakit tersebut menjadi parah. Akhirnya diketahui ternyata bahwa suaminya, Andrie terkena kanker lidah. Namun sayang karena terlambat diobati, penyakit itu pun mengakhiri nyawa Andrie.


Sebagi edukasi dini, sebaiknya kita mengetahui apa itu kanker lidah berserta fakta-faktanya.

Kanker ini menyerang lidah, langit- langit, gusi, dasar mulut, ruang belakang gigi, serta bagian dalam pipi. Jika diobati sedini mungkin maka kemungkinan besar dapat disembuhkan. Sebaliknya jika kanker baru diketahui ketika kondisi sudah parah, kecil kemungkinan harapan hidup bagi penderitanya.

Beberapa Hal yang Dapat Memicu Munculnya Kanker Lidah
Merokok diyakini menjadi penyebab dari kanker lidah, konsumsi alkohol dan makanan yang mengandung pengawet serta pemanis buatan. Hal tersebut mengakibatkan sel- sel disekitar lidah menjadi rusak yang akhirnya berkembang menjadi sel kanker.



Faktor lainnya yang juga meningkatkan resiko penyakit ini adalah kurangnya kebersihan mulut dan infeksi virus human papillomaviers (HPV) yang mengakibatkan pertumbuhan jaringan abnormal di dalam mulut yang kemudian memicu tumbuhnya sel kanker. Virus HPV ini dapat menular jika terjadi sentuhan langsung pada kulit pengidap atau benda yang terkontaminasi HPV.



Gejala awal yang mengindikasikan penyakit ini adalah:

1. Sariawan
Mengalami sariawan berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh dengan jangka waktu sekitar lebih dari 2 minggu dapat mengindikasikan penyakit ini. tetapi untuk membedakannya dengan sariwan biasa, lidah dari pengidap kanker ini akan terasa kebas dan kaku.

2. Sakit tenggorokan
Tenggorokan akan terasa sakit saat menelan dan berangsur secara lama. Kemudian adanya perubahan pada pita suara dan disertai sakit di bagian dalam telinga.

3. Bercak merah dan putih
Pada sekitar lidah akan muncul bercak merah atau putih, bentuknya mirip dengan sariawan. Namun, pada kanker lidah bercak tersebut biasanya mengalami pendarahan.

4. Benjolan
Munculnya benjolan keras di sekitar area lidah dan dibagian belakang tenggorokan, yang mengakibatkan kesulitan untuk membuka mulut. Benjolan tersebut sangat peka dengan sentuhan, sehingga jika tersenggol oleh makanan yang cukup keras maka akan terjadi pendarahan.

Sebagai pencegahan terhadap kanker ini adalah dengan menghindari merokok, alkohol dan menjaga kebersihan mulut. Seperti menggosok gigi secara teratur dan berkumur dengan cairan pembersih mulut.

Mengkonsumsi teh hijau juga termasuk membantu mencegah penyakit kanker ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh M.D. Anderson, Cancer Center, sebanyak 41 pasien kanker lidah diberi ekstrak teh hijau. Hasilnya, 59% dari keseluruhan penderita mengalami penurunan ukuran tumor setelah 3 bln berlalu.

Terakhir yang tak kalah penting adalah selalu menjaga pola hidup sehat dan pikiran yang tenang, yang bermanfaat dalam mencegah berbagai macam penyakit termasuk kanker lidah.

Sumber: boombastis.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Kanker Lidah, Penyakit Mematikan yang Gejala Awalnya Hanya Sariawan dan Gangguan Mulut Biasa"

Post a Comment