Bayi Ini Kena "Batu Ginjal", Ternyata Penyebabnya Adalah Benda Yang Dipakai Oleh Bayi Setiap Hari


Di Cina, tepatnya di Zhejiang, Bayi kecil berusia 10 bulan yang malang ini terpaksa dilarikan kerumah sakit. Hal itu disebabkan karena bayi tersebut mengalami demam tinggi yang tak kunjung turun selama beberapa hari.

Setelah diperiksa oleh dokter, demam pada bayi tersebut disebabkan oleh adanya batu ginjal berdiameter 2 cm yang bersarang pada ginjal sebelah kiri. Sehingga menyebabkan saluran kemih dan ginjal kiri bayi itu mengalami infeksi.


Berdasarkan analisa yang diberikan oleh dokter urologi di rumah sakit Zhejiang. Kemungkian munculnya batu gijal itu akibat dari penggunaan popok selama 24 jam. Posisi popok yang terbungkus rapat ditambah suhu pada musim panas yang tinggi, meyebabkan bakteri berkembang di sekitar selangkangan dan alat vital pada bayi itu.




Bakteri yang berkembang akhirnya menginfeksi saluran urin sehingga terjadinya pembentukan batu ginjal pada bayi tersebut.

Dokter mengatakan selain faktor infeksi oleh bakteri, ada beberapa faktor lainnya yang bisa mengakibatkan pembentukan batu ginjal. Yaitu faktor genetik atau keluarga yang memiliki riwayat penyakit batu ginjal.


Termasuk juga faktor makanan dan minuman. Makanan yang mengandung protein tinggi, gula dan sodium yang dikonsumsi secara berlebihan, serta kurangnya asupan air putih akan menyebabkan masalah pada ginjal.




Kondisi yang dialami pada bayi tersebut, seharusnya menjadi pelajaran bagi orang tua untuk selalu memperhatikan kondisi popok bayi yang dipakai. Gantilah secara berkala popok bayi dengan yang masih bersih dan kering. Selain mencegah infeksi pada saluran kemih juga menghindari iritasi pada kulit bayi akibat bakteri.

Sebagai orang tua yang baik, sebaiknya juga mengajarkan balita mereka secara dini untuk pipis sendiri. Kemudian usahakan agar penggunaan popok hanya dilakukan dimalam hari. So, hati-hati ya kepada para orang tua.

Semoga bermanfaat, SHARE informati penting ini kepada saudara, teman, dan keluarga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bayi Ini Kena "Batu Ginjal", Ternyata Penyebabnya Adalah Benda Yang Dipakai Oleh Bayi Setiap Hari"

Post a Comment