Awas! 5 Cara Ini Google Bisa Mencuri Informasi Pribadimu Secara Diam-Diam Tanpa Kamu Sadari


Tak ada makan siang yang gratis, hal itu pun juga berlaku dalam dunia digital di era modern sekarang. Kita telah dimanjakan atas kemudahan atas informasi dimana informasi berada digenggaman tangan tapi bisa saja kita dijadikan sarana objek explotasi oleh teknologi tersebut.

Kita pasti tak asing lagi dengan nama Google, sebuah perusahaan raksasa teknologi infomasi, hampir tiap hari kita pasti tak lepas dari produk layanannya. Segala manfaat yang diberikan oleh Google membuat kita terbantu mencari informasi apapun mulai dari peristiwa terkini, tempat, makanan, dan segala informasi yang kita butuhkan.

Namun tahukah kamu dibalik banyak manfaat yang diberikan oleh Google, perusahaan tersebut secara diam-diam bisa mencuri dan mengumpulkan semua informasi tentang data pribadi kamu, akun yang digunakan dan aktivitas penggunaanya. Google akan melakukan analisa dari informasi tersebut untuk mencari tahu minat pegguna terkait bisnis iklan mereka dan hal lainnya yang bersifat rahasia.

Berikut ini adalah 5 informasi apa saja telah Google ambil tanpa sepengetahuan kamu.

1. Google mematai dan mengambil informasi pada akun gmail

Lewat akun gmail yang kamu buat, secara tidak langsung kamu memberi semua data pribadi dari nama, jenis kelamin dan nomor telepon yang kalian miliki. Kalian mungkin tidak merasa dirugikan atas data pribadi tersebut, tetapi Google secara sepihak menggunakan data tersebut untuk kepentingan komersil mereka.

2. Google menyimpan semua riwayat pencarian


Semua pencarian yang kamu lakukan lewat sarana mesin pencari Google akan direkam untuk melihat kebiasaan aktivitas pengguna. Bahkan jika kamu mencari sesuatu yang tidak layak pun terekam baik di server mereka. Pastinya dengan ini kamu jangan pernah menganggap aktivias kamu tak ada yang mengetahui.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa masuk pada bagian pengaturan akun kamu dan membuka myactivity.google.com dan menghapus semua hasil riwayat. Hal ini berlaku jika perambah atau browser yang kamu gunakan tertaut dengan akun kamu, jika tidak kamu cukup menghapus cache atau tembolok pada bagian pengaturan browser kamu.



3. Google layanan suara
Semua produk yang terkait dengan layanan Google Now atau Google Asistant yang seringkali kita menggunakan suara dalam pengoperasiannya, google akan melakukan identifikasi dari rekaman suara kita dan menyimpannya untuk keperluan mereka. Tapi kamu bisa menonaktifkannya jika kamu tidak menginginkanya rekaman suara kamu disimpan dengan memilih opsi hapus pada halaman pengaturan layanan tersebut.

4. Google melacak dan mencatat lokasi

Semua tempat atau lokasi yang pernah kamu singgahi terekam dengan lengkap oleh Google bila kamu mengaktikan Google Map dan membawa ponsel kamu saat beraktifitas..

5. Google mempelajari minat pengguna

Secara diam-diam Google menganalisa minat pengguna berdasarkan aktivitas yang dilakukan pada layanan mereka. Google mengumpulkan informasi apa yang kita sukai berdasarkan aktivitas pencarian dan memilihkan iklan yang relevan berdasarkan minat pengguna.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Awas! 5 Cara Ini Google Bisa Mencuri Informasi Pribadimu Secara Diam-Diam Tanpa Kamu Sadari"

Post a Comment