Android Oreo Kini Memiliki Fitur Baru Yaitu Bisa Memperpanjang Umur Baterai


Belum lama ketika Google meluncurkan sistem operasi Android Oreo 8.0, kini  Google sudah mempersiapkan lagi pembaharuan versi Android Oreo 8.0 menjadi 8.1. Dengan masih menyandang nama Oreo, pastinya pembaharuan nanti hanyalah membawa update minor pada Os Android ini.

Android 8.1 sebenarnya masih dalam tahap pengembangan alias masih beta software. Namun beberapa pengguna smartphone sudah bisa mencicipi Oreo 8.1 ini yang berstatus Developer Preview secara Over the Air (OTA) atau bisa mengunduh langsungnya di situs resminya. Tentunya, dibatasi hanya bagi pengguna  yang sebelumnya mengikuti Android Beta Program.

Pada Android Oreo 8.1 ini digadang gadang bakal memiliki fitur penghemat baterai yang lebih efisien dibanding versi sebelumnya. Fitur ini dinamakan dengan wakelock detector, sebuah aplikasi yang mampu memantau dan mengidentifikasi aplikasi yang berjalan dibackground.

Cara kerja wakelock detector adalah menonaktifkan beberapa aplikasi yang tidak selalu berguna tetapi banyak menguras daya baterai smartphone. Aplikasi tersebut akan dipaksa untuk masuk mode deep sleep sehingga tidak akan aktif jika pengguna sendiri yang membukanya.

Perlu diketahui, banyak aplikasi populer pada android yang membuat baterai cepat habis, contohnya seperi Facebook, Instagram, Whatapps dll yang memiliki notifikasi real time. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut secara otomatis aktif secara terus menerus. Namun rasanya kalian pasti enggan jika aplikasi sosmed tersebut terhenti maka dengan itu kalian bisa mengaturnya pada pengaturan ponsel kalian di Android Oreo 8.1 nantinya .

Dengan Wakelock Detector cukup menonaktifkan beberapa aplikasi saja, seperti aplikasi berbasis lokasi Google Maps, Peluncur pihak ketiga dan game yang bernotifikasi.

Semoga nanti ketika hadirnya Android Oreo 8.1 secara terbuka, fitur penghemat baterai yang dibawanya bisa dirasakan manfaatnya bagi banyak pengguna yang selama ini mengeluhkan masalah borosnya baterai pada smartphone Android.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Android Oreo Kini Memiliki Fitur Baru Yaitu Bisa Memperpanjang Umur Baterai"

Post a Comment